Kekurangan Atap Bitumen

Terlepas dari segala kelebihannya, opsi atap bitumen ini bukan berarti tanpa kekurangan sama sekali.

Berikut beberapa hal yang perlu dijadikan sebelum Anda menggunakan solusi atap bitumen pada hunian atau properti Anda. 

Atap Bitumen Onduline untuk Atap Lengkung

MAHAL

Ya, memang benar pilihan atap bitumen relatif lebih mahal dibandingkan dengan solusi atap genteng tanah liat maupun solusi atap asbes. Namun seperti istilah pada umumnya, ” harga sebanding dengan kualitas”. 

Instalasi tidak mudah

Instalasi atap bitumen tidak bisa dilakukan oleh sembarang tukang. Bahkan produsen atap bitumen tidak jarang mensyaratkan para distributornya harus lolos pelatihan dan sertifikasi terlebih dahulu. Artinya, pastikan jika Anda memilih atap bitumen sebagai solusi atap hunian, Anda benar-benar menghubungi distributor yang memang terbukti mampu sebagai aplikator atap bitumen.

Resiko over budget

Salah satu perbedaan dalam proses instalasi atap bitumen adalah, sebelum mulai pemasangan, harus diberi alas dengan bahan multipleks khusus. Barulah kemudian dipasang atap bitumen. Tujuannya adalah untuk menahan bitumen agar lebih awet, tapi masalahnya justru bisa membuat biaya instalasi lebih besar. Pastikan perencaan Anda secara cermat.

Biaya perbaikan mahal

Nah, ini hal terakhir yang tidak lupa harus dijadikan pertimbangan. Karena tenaga pemasangannya yang bersifat khusus, proses perbaikan atap ini juga memerlukan tukang bangunan berkeahlian khusus serta berpengalaman dengan genteng aspal. Tidak bisa diperbaiki oleh sembarang tukang bangunan. Oleh karena itu, pastikan pekerjaan ini ditangani oleh ahlinya.