Membuat Roof Top Garden atau Taman Atap

Isu mengenai kerusakan alam sudah sering kita dengar. Kebutuhan untuk pembangunan yang berwawasan lingkungan semestinya menjadi hal yang digalakkan. Hal ini untuk mulai mengurangi pengaruh buruk perkembangan permukiman dan bangunan terhadap kerusakan alam. Dengan tujuan mewujudkan arsitektur hijau, maka tercipta solusi atap hijau.

Taman Atap lokasi Spring Hill Sumber Idea.grid.id

Atap hijau yang dimaksud disini adalah taman atap atau Roof top garden, yaitu taman yang dibangun di atas atap. Atap yang memungkinkan disini adalah atap dari dak beton. Solusi ini selain membuat suasana lingkungan lebih segar, bangunan juga makin cantik, juga meningkatkan nilai bangunan tersebut.

Inspirasi Desain Roof Top Garden untuk Rumah. Sumber : id-onduline.com

Roof top garden memerlukan penaganan khusus pada bagian atap dak cornya. Utilitas pembuangan air dan penyediaan air juga harus dipersapkan terlabih dahulu. Dak betonnya harus disiapkan agar tidak ada perembesan air, agar tidak merusak bangunan dan mengganggu kenyamanan penghuni. Untuk mewujudkan hal itu, ondugreen menjadi solusi tepat untuk mewujudkan taman atap atau roof top garden yang baik. Ondugreen system merupakan system solusi dari onduline untuk mempermudah pembuatan roof top garden. Bahan – bahan yang disediakan, meliputi water proofing, pelapis , geotextile, drainer, filter (seperti pada gambar dibawah ini) merupakan media yang lengkap yang memungkinkan untuk penanaman dan perawatan tanaman

Ondugreen Sistem. Sumber: id-ondugreen